Share Media

Media berbagi untuk umum seputar aplikasi, game, pendidikan, tips dan trik serta cerita pendek.

Search This Blog

Sunday 14 January 2018

Manajemen pemasaran materi tentang pasar dan segmentasi pasar

 
1.Pengertian pasar
Pasar adalah tempat dimana individu-individu atau kelompok melakukan pertukaran atau melakukan transaksi jual beli barang dan jasa.

2.Macam pasar berdasarkan barang yang diperjualbelikan
1. Pasar barang konsumsi
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang memperjualbelikan barang konsumsi langsung untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Jenis barang konsumsi dapat dibedakan dalam empat kelompok yaitu;
a.) Barang konveniece
Barang konveniece barang yang dibeli oleh konsumen dengan usaha yang minimum pada toko atau warung terdekat. Contohnya seperti; pasta gigi,rokok,korek api,sabun mandi dan lain-lain.
b) barang shopping
Barang shopping adalah barang yang dibeli konsumen dengan cara membandingkan suatu produk dalam hal harga dan kualitas, konsumen membandingkan dengan cara melihat harga kualitas antara satu penjual dengan penjual yang lain. Contohnya pakaian,celana ,sepatu,jam tangan,dan lainnya.
c) barang khusus
Barang khusus adalah barang yang ingin dibeli oleh konsumen karena barang tersebut mempunyai sifat yang khusus atau istimewa. Contohnya adalah jam tangan merk tertentu sepatu,merek ternama dan lainnya.
d) barang tidak dicari
Barang tidak dicari adalah barang yang tidak menarik minat konsumen untuk membelinya.contohnya asuransi dan lainnya.
2. Pasar barang industri
Berang industri adalah barang yang dibeli konsumen yang barang tersebut tidak dikonsumsi langsung oleh individu atau kelompok. Barang industri adalah barang yang dibeli konsumen untuk diolah kembali dengan tujuan untuk membuat barang konsumsi. Barang Industri dapat dikelompokkan menjadi 5 kelompok yaitu;
a) perlengkapan operasi
b) komponen bahan olahan
c) bahan baku
d) peralatan
e) perlengkapan

3. Motif pembeli dan prilaku pembeli
a) motif pembeli
Perusahaan yang memproduksi barang atau jasa dalam menentukan sasaran pasar yang baik dan tepat, perusahaan tersebut sangat perlu meneliti dan mengetahui kebiasaan pembeli. Keberhasilan suatu perusahaan dalam memasarkan produknya juga sangat dipengaruhi oleh produk yang dihasilkan. Jadi seperti yang sudah saya katakan perusahaan sangat perlu untuk menganalisis dan mengkaji secara detail,produk apa yang sangat dicari dan diharapkan oleh pembeli atau konsumen, agar mencapai atau mendapatkan sasaran pasar yang sangat tepat.
b) Prilaku pembeli
Perilaku pembeli adalah tindakan yang dilakukan oleh seorang individu atau kelompok yang berkaitan langsung dengan penggunaan produk. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku pembeli, untuk membeli suatu barang dan jasa, antara lain;
Faktor pribadi
Faktor sosial dan
Faktor budaya

4.Segmentasi pasar dan pengembangan strategi pemasaran
a) Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah suatu cara untuk membedakan pasar golongan ,pembeli kebutuhan,pemakai motif,perilaku,dan cara penggunaan produk,dan juga tujuan pembelian produk tersebut.
b) pengembangan strategi pemasaran
Terdapat ada lima konsep yang strategi pemasaran, yaitu:
1. Segmentasi pasar
segmentasi pasar merupakan cara atau dasar untuk mengetahui setiap pasar itu mempunyai atau terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda. Dalam setiap segmen terdapat konsumen atau pembeli yang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda ,pola pembelian yang berbeda-beda ,tanggapan yang berbeda-beda terhadap produk dan penawaran yang diberikan.
2. Market positioning
Dalam penentuan posisi pasar perusahaan harus berusaha untuk memilih tempat atau posisi pasar untuk mendapatkan kesempatan maksimum dalam mencapai tujuan.
3. Market entry strategy
Perusahaan dapat menempuh beberapa cara untuk memasuki sebuah segmen pasar yang dituju dengan cara membeli perusahaan orang lain,berkembang sendiri,dan mengadakan kerjasama dengan perusahaan lain yang terdapat pada segmen pasar tersebut.
4. Strategy Marketing Mix
Marketing Mix adalah inti dari sistem sebuah pemasaran produk perusahaan
5. Strategi penentuan waktu
Sebuah perusahaan dapat gagal dalam memasarkan produknya apabila perusahaan tersebut terlalu lambat atau cepat dalam Melakukan pemasaran, jadi perusahaan sangat perlu untuk memikirkan penentuan waktu pasar untuk melakukan pemasaran agar pemasaran berjalan dengan baik dan Mencapai tujuan atau sasaran.

No comments:

Post a Comment