Share Media

Media berbagi untuk umum seputar aplikasi, game, pendidikan, tips dan trik serta cerita pendek.

Search This Blog

Tuesday 20 February 2018

Cara memperbaiki kelistrikan mati (konselet) pada motor satria fu

Assalamualaikum
Hai agan2..... Gimana kabarnya? Mudah-mudahan aja kalian semua sehat.pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman ane nih.tentang cara mengatasi kelistrikan satria fu yang mati.
Motor ane kemarin kelistrikannya mati sehingga menyebabkan lampu sein,klakson,dan starter tidak bisa digunakan.awal terjadinya matinya kelistrikan pada motor ane,pas ane jatuh pake motor.terus kabel dekat kopling putus.
Ane udah sambung itu kabel tapi kelistrikan tetap tidak mau normal.terus ane keliling di google buat cari cara perbaikan.selama saya keliling di google saya mendapatkan beberapa cara untuk mengatasi kelistrikan mati pada Satria FU.cara yang pertama ane temuin yaitu dengan memeriksa aki motor,saya periksa aki motor ane masih bagus.cara yang kedua ane temuin yaitu memeriksa kabel satu persatu,ane bongkar box motor ane buat periksa kabel tapi tidak ada yang putus.cara yang ketiga ane temuin yaitu periksa kiprok,ane sempet bingung buat periksa kiprok.terus ane keliling lagi di google buat cari cara periksa kiprok motor.dan waktu itu,ketemu jaga cara periksa kiprok di salah satu blog,tapi lupa ane nama blognya,tapi intinya cara periksa kiprok yang masih bagus atau tidak, dengan cara panaskan mesin motor selama 5 sampai 10 menit, lalu pegang kiproknya.kalau kiproknya panas berarti kiproknya mati.terus ane coba cara seperti di atas buat periksa kiprok, tapi kiprok motor ane tetep adem alias suhunya normal.waktu itu saya sempat mau bawa motor ane ke bengkel buat perbaiki. Tapi waktu itu, kebetulan banget ketemu sama temen ane yang pinter jadi bengkel,terus ane tanyain nih masalah kelistrikan yang mati pada motor ane.setelah ane tanyain masalahnya,temen ane langsung pinjem kunci motor buat buka jok.terus dia bongkar komponen yang ada di samping aki motor.
Kata temen ane ini sekring deket aki motor ente putus, dan setelah ane periksa emang bener sekringnya putus.
Temen ane langsung ganti sekring yang putus pake sekring cadangan yang ada di sebelah sekring yang putus.(sekring deket aki motor satria Fu ada 2, salah satu sekring itu adalah sekring cadangan). setelah sekringnya di ganti,terus ane coba starter,bunyiin klakson, dan tes lampu sein Alhamdulillah ternyata bisa.

Jadi untuk memperbaiki kelistrikan motor yang mati, kalian bisa mengikuti langkah seperti berikut ini.
1. Mengecek aki
2. Mengecek kondisi kabel
3. Mengecek kondisi sekring
4. Mengecek kondisi kiprok
Jika pada saat pengecekan, terdapat kerusakan, kalian bisa menggantinya.

Sedikit tips buat kalian yang mengalami hal serupa seperti saya, sebelum kalian memperbaiki motor yang kelistrikannya mati ke bengkel, tidak ada salahnya untuk kalian cek atau perbaiki terlebih dahulu motor kalian seperti cara saya diatas.
sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

6 comments:

  1. Terima kasih sharingnya, sangat bermanfaat sekali. :-)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih bosku, setelah aq lihat post ini, mtor q bsa nyala lagi. Alhamdulillaaahhh

    ReplyDelete
  3. Motor ane semalm hajar lubang, efeknya lampu led indicator, sein, lmpu pnerangan rpm, mati. tapi double starter & lampu depan msih nyala, kira2 kerusakan apa ya brother ??

    ReplyDelete
  4. Makasi banyak bang, alhadulillah bisa lagi🙏

    ReplyDelete
  5. Bnginimati total kilometer gimna

    ReplyDelete
  6. mantap om, sekeringnya masalah ternyata

    ReplyDelete