Share Media

Media berbagi untuk umum seputar aplikasi, game, pendidikan, tips dan trik serta cerita pendek.

Search This Blog

Sunday 28 January 2018

2 Cara mengambil tangkapan layar di semua tipe smartphone Android


Screenshot adalah sebuah kegiatan untuk mengambil tangkapan layar dari smartphone. Fitur tangkapan layar (screenshot) mempunyai peranan yang sangat penting pada smartphone, karena fitur tangkapan layar ini kerap digunakan untuk membagikan suatu hal yang menarik,penting ataupun hal yang lucu,yang ada pada layar smartphone (android). Untuk mengambil sebuah tangkapan layar pada smartphone android ini sangat mudah,akan tetapi di setiap tipe atau merek smartphone android untuk mengambil sebuah tangkapan layar mempunyai cara yang berbeda.Nah oleh karena itu,Berikut ini saya akan jelaskan 2 cara mengambil tangkapan layar (screenshot) di beberapa tipe atau merek smartphone android.

1. Tangkapan layar tanpa aplikasi  
Tangkapan layar (screenshot) bisa di ambil tanpa aplikasi dengan cara mengkombinasikan tombol pada smartphone android ini berikut ini;
1. Samsung
Tekan tombol vulome down (-) dan tombol home secara bersamaan.
2. Lenovo
Tekan tombol volume down (-) dan tombol power secara bersamaan.
3. Oppo
Letakkan 3 jari pada layar yang ingin di screenshot lalu geser jari anda kebawah, atau bisa juga dengan menekan tombol volume down (-) dan tombol daya secara bersamaan.
4. Huawei
Tekan tombol volume down (-) dan tombol daya secara bersamaan,atau bisa juga dengan cara menarik panel atas (pintasan) lalu klik "foto layar"
5. Evercoss
Tekan dan tahan tombol daya sehingga muncul tulisan screenshot,lalu klik tulisan screenshot tersebut.atau bisa juga dengan menekan tombol volume down (-) dan tombol power secara bersamaan.
6. Xiomi
Letakkan 3 jari pada layar yang ingin di screenshot lalu geser kebawah,atau bisa juga dengan menarik panel atas lalu klik screenshot.
7. Vivo
Tekan tombol volume down (-) dan tombol home secara bersamaan.
8. Advan
Tekan tombol volume down (-) dan tombol home secara bersamaan.
9. Asus
Tekan tombol volume down (-) dan tombol power secara bersamaan.

2. Mengambil tangkapan layar dengan aplikasi
Selain dengan menggunakan tombol, screenshot juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang bisa digunakan untuk screenshot adalah aplikasi *tangkapan layar mudah" (screenshot easy). Dengan menggunakan aplikasi ini,anda bisa mengambil tangkapan layar dengan cara;
  • Membuat hamparan ikon tangkap layar
  • Guncankan
  • Membuat pintas khusus
  • Sambung/putus sambungan daya
  • Klik lama tombol perangkat keras,dan lainnya.
Anda dapat mendownload aplikasi "tangkapan layar mudah" (screenshot easy) melalui google play store.
Demikian cara mengambil tangkapan layar di semua tipe android.semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment