Share Media

Media berbagi untuk umum seputar aplikasi, game, pendidikan, tips dan trik serta cerita pendek.

Search This Blog

Saturday 30 December 2017

7 tips untuk sukses menghadapi ujian nasional

Ujian nasional adalah evaluasi pendidikan secara nasional untuk tingkat pendidikan antar daerah yang di lakukan oleh pusat penilaian pendidikan.ujian nasional ini menjadi momok yang menakutkan bagi siswa dan siswi karena takut akan kegagalan.setiap siswa dan siswi pasti ingin mendapatkan prestasi yang baik dan melewati ujian nasional dengan baik.nah oleh karena itu saya akan memberikan 7 tips untuk sukses menghadapi ujian nasional sebagai berikut ini.

1.Belajar
Belajar adalah salah satu kunci pokok dalam meraih kesuksesan atau lulus dalam menghadapi ujian,akan tetapi banyak orang yang beranggapan bahwa belajar adalah salah satu hal yang membosankan,karena yang ada di benak atau pikiran mereka adalah belajar berarti membaca setumpuk buku.sebenarnya asumsi atau anggapan tersebut salah.belajar tidak harus membaca banyak buku akan tetapi belajar dalam artian sekedar membaca atau mempelajari pelajaran yang sudah di ajarkan atau di anggap penting untuk di pelajari,agar pada saat menghadapi atau menjawab soal ujian terasa lebih mudah. 

2.berlatih mengerjakan soal
Berlatih mengerjakan soal adalah hal penting dalam persiapan menghadapi ujian. berlatih secara rutin mengerjakan soal membuat anda terbiasa saat menghadapi atau menjawab soal ujian di kemudian hari. 

3.Percaya diri
Percaya diri menjadi salah satu kunci pokok untuk menghadapi ujian dengan baik.percaya diri sangat penting terlebih apabila saat menjawab soal ujian,banyak yang tidak percaya terhadap apa yang dia jawab dan lebih percaya pada jawaban teman dekatnya.padahal jawaban temannya itu belum tentu kebenarannya.jadi anda harus percaya diri dalam menghadapi ujian, agar mendapatkan hasil dari pemikiran sendiri dan pada saat menjawab soal ujian tidak bimbang.

4.disiplin belajar
Dalam menghadapi ujian nasional kita harus menerapkan prinsip disiplin dalam belajar.jika anda disiplin dalam belajar berarti anda adalah orang yang siap dalam menghadapi ujian nasional,dan sebaliknya jika anda tidak disiplin belajar atau suka menunda waktu belajar justru itu bisa merusak persiapan dalam menghadapi ujian nasional.

5.manajemen waktu belajar
Memanajemen waktu atau membagi waktu belajar dan bermain sangat penting untuk persiapan menghadapi ujian.jika anda tidak membagi waktu untuk belajar dan bermain akan terjadi ketidakseimbangan antara waktu belajar dan bermain.jika waktu belajar lebih banyak dari waktu bermain sebenarnya tidak baik, karena bisa membuat stres dan juga sebaliknya.

6.berpikir positif
Berpikir positif adalah salah satu cara yang efektif untuk menghadapi ujian secara maksimal.dengan berpikir positif secara tidak langsung akan membuat anda merasa bersemangat dan mendorong anda untuk mendapatkan suatu hal yang di inginkan.

7.berdoa
Berdoa adalah cara yang efektif untuk mempermudah melewati ujian secara baik.berdoa,berserah diri dan memohon tuhan memberikan yang terbaik.

Itulah tadi 7 tips untuk sukses menghadapi ujian nasional,semoga tips ini membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment